KURIKULUM
Capaian Pembelajaran
- Peserta mampu melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya (force), memahami hubungan konsep usaha dan energi, mengukur besaran suhu yang diakibatkan oleh energi kalor yang diberikan, sekaligus dapat membedakan isolator dan konduktor kalor
- Peserta didik memahami gerak, gaya dan tekanan, termasuk pesawat sederhana. Peserta didik memahami getaran dan gelombang, pemantulan dan pembiasan cahaya termasuk alat- alat optik sederhana yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari
- Peserta didik dapat membuat rangkaian listrik sederhana, memahami gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan atau masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari- hari.
Bantu Belajar
Penjelajah Waktu adalah game dengan genre Platformer untuk siswa SMP belajar mata pelajaran Fisika, dengan bahasan antara lain:
- Gaya dan Usaha
- Listrik
- Pesawat Sederhana
- Magnet
- Tekanan Zat Cair
Game ini dikemas dalam cerita tentang seorang fisikawan bernama Den yang terlempar ke masa yang berbeda karena kesalahan dalam percobaan mesin waktu.
Dalam perjalanannya membangun ulang mesin waktu di masa itu fisikawan tersebut sangat kesusahan karena masih banyak alat yang belum ditemukan. Untungnya dia mengetahui cara membuat semua alat yang dibutuhkan dan sekaligus menyempurnakannya agar dapat digunakan untuk kembali ke masa sekarang.